Keyboard Laptop Lenovo Tidak Berfungsi Sebagian?. Semoga Langkah ini Bisa Membantu

 

Cara memperbaiki keyboard laptop lenovo yang tidak berfungsi sebagian. Di artikel kali ini saya ingin berbagi tips cara memperbaiki keyboard laptop lenovo yang tidak berfungsi sebagian. Laptop lenovo yang saya perbaiki bertipe b490.

Keyboard tidak berfungsi biasanya terkendala akibat beberepa hal. Seperti adanya driver yang terhapus, adanya debu yang menempel, atau memang keyboard yang sudah siap diganti dengan yang baru.

Kendala ini, jika tidak segera diatasi biasanya akan berpengaruh terhadap komponen lain. Sehingga kita perlu segera memperbaikinya.

Namun, sebelum mengganti keyboard, alangkah baiknya kita mencoba untuk melakukan percobaan dengan mengidentifikasi penyebab dari tidak berfungsinya keyboard tersebut. Mengingat keyboard baru terbilang cukup mahal. Di pasaran kita bisa lihat harga keyboard baru paling tidak sekitar 600an, itupun belum jasa pemasangan.

Nah, bercermin ke pengalaman di lapangan dalam mencoba memperbaiki keyboard, saya berhasil membuat keyboard menjadi normal kembali dengan beberapa hal sederhana. keyboard laptop lenovo yang tidak berfungsi pada saat perbaikan adalah bagian tombol miring sejajar: 8, I, K, <. Sebagian yang mulai terkendala juga terjadi pada tombol start, space


berikut langkah langkah awal yang bisa kita lakukan sebelum menggantinya.

1. Cabut baterai


Hal pertama, kita bisa mencoba untuk membuka baterai keyboard terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada short yang terjadi, yang biasanya diakibatkan karena ketidakstabilan aliran daya listrik yang masuk. Posisi seperti ini biasanya laptop dihidupkan dan casan terhubung ke aliran listrik.

Ya.. meskipun di dalam baterai maupun casan terdapat elektro yang mampu menstabilkan daya listrik, namun tidak menutup kemungkinan hal ini bisa terjadi.

Jangan lupa untuk matikan terlebih dahulu. Setelah beberapa menit, silahkan dicoba kembali untuk pemasangan baterai seperti semula.

Jika kendalanya belum teratasi, coba langkah selanjutnya.

2. Coba hidupkan tanpa baterai

Kita bisa cabut sementara baterai yang terpasang, kemudian kita hidupkan laptop dengan casan yang ada.

Jika belum juga teratasi. Langkah selanjutnya, bisa kita coba dengan

3. Membersihkan tombol

Bersihkan tombol keyboard dengan alat koas. Buka tombol tombol yang mengalami kendala. Dikhawatirkan ada debu yang masuk sehingga presisi tombol tidak menekan secara normal.

Jika kemudian langkah inipun masih tetap tidak ada perubahan.

4. Lepas soket


Untuk melepaskan keyboard ini, jika belum berpengalaman baiknya memanggil jasa service, agar tidak ada yang mengalami kerusakan. Seperti adanya casing yang patah atau soket tertarik sekaligus sehingga adanya gugusan kecil yang mengakibatkan justru kerusakan keyboard semakin parah.

Jika dilakukan mandiri. Baiknya kita buka secara perlahan. Karena sebenarnya untuk membuka keyboard lenovo cukup mudah.

Pertama buka baut yang mengunci keyboard. Baut ini ada di bagian bawah casing. Kita dapat mengenalnya dengan simbol keyboard di area baut tersebut.

Baut tersebut paling tidak minimal 3, sebagai penguat agar tidak merubah posisi keyboard.

Setelah dibuka bagian baut, baru kemudian buka kuncian di bagian sisi keyeboard dengan mencongkel dengan alat pelepas casing. Atau kita bisa juga menggunakan sendok lapisan tipis untuk membukanya.

Setelah keyboard terlepas, coba terlebih dahulu dengan membersihkannya dengan menggunakan koas, atau dengan cairan tertentu di bagian soket. Dikhawatirkan adanya korosi pada bagian soket tersebut.

Nah, pada saat seperti ini. Karena bagian komponen lain pun terbuka, maka kita bisa untuk melepas dan memasang komponen lainnya seperti hardisk, RAM. Hal ini untuk memastikan tidak adanya short pada komponen tersebut.

Baru kemudian pasang kembali seperti semula.

Dengan langkah tadi, alhamdulillah dari pengalaman yang saya alami keyboard kembali normal.

Perlu diketahui, bahwa kendala yang terjadi di beberapa hal bisa saja berbeda. Agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal ke komponen lainnya. Jika belum berpengalaman membuka casing laptop, Alangkah baiknya kita bisa memanggil jasa service yang berpengalaman.

Untuk lebih detailnya Silahkan cek video tutorial disini. Semoga membantu.

No comments

Ads