BSU untuk Guru Honorer Diperpanjang?. Berikut Faktanya


Opini_ Kehadiran BSU atau Bantuan Subsidi Upah yang dirasakan oleh para guru honorer minggu lalu begitu bermanfaat. 

oleh karena itu, banyak kalangan guru honorer yang mengharapkan agar BSU dapat diperpanjang atau dipermanenkan melalui peraturan yang dikeluarkan oleh pusat.

ini adalah gambaran betapa guru honorer -kita sebut saja gh- masih jauh dari kesejahteraan kebutuhan pokok sehari -hari.

coba saja cek ke lapangan, rerata gaji gh di wilayah pedesaan berkisar 300-350 perbulan. bahkan ada yang lebih kecil dari itu. saya kira ini bukan aib. Ini adalah fakta yang gh pun tidak pernah mempermasalahkan karena sadar memang masih terkendala bugdeting skala nasional. ya.. meskipun anggaran besar, tapi sepadan dengan kuantitas yang tersebar di berbagai wilayah.

gambaran tersebut juga diperkuat dengan membludaknya para gh berbondong-bondong datang ke kantor bank untuk segera mencairkan meskipun masih diawal pencairan. ya.. entah mungkin takut keburu hangus 😁, atau memang sedang dibutuhkan. hmm..🤔 oke. tapi yang jelas substansinya sama. ya kan?. 


lalu benarkah BSU untuk gh akan diperpanjang seperti BLT kepegawaian yang direncanakan akan diperpanjang?.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar mengatakan saat ini belum ada info bahwa BLT guru honorer akan diperpanjang ke 2021.

Namun beliau melalui pernyataannya memberikan sinyal akan diperpanjang mengingat BSU masuk pada program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional).

ini artinya, Jika pandemi tak kunjung berakhir maka BSU kemungkinan diperpanjang. owalah.. gh berharap BSU berlanjut, tapi pandemi lanjut?. wadduh.. 

kita berharap Masa pandemi ini segera berakhir, dan setelah pandemi ekonomi nasional juga semakin membaik. Indonesia semakin maju, guru sejahtera, rakyat sejahtera. kita harus optimis dengan mendukung segala upaya dan usaha untuk memperbaiki dunia pendidikan dimasa yang akan datang.

Sehingga sinyal BSU bisa diperpanjang bukan karena berakhir dan tidaknya masa pandemi. Tetapi semakin membaiknya ekonomi secara nasional setelah pandemi. Amiin..

berikut pernyataannya yang saya kutip dari detikcom, Minggu (22/11/2020).

"Kemungkinan itu iya (akan diperpanjang) karena BSU ini salah satu bentu Program PEN" imbuhnya.

"Ini kan salah satu bentuk bantuan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Dalam kondisi COVID-19, semoga tahun 2021 pandemi COVID-19 sudah terkendali dengan baik dan ekonomi kita semakin baik".

No comments

Ads