Klopp Diambang Sejarah Juarai Liga


Liverpool kini bisa bernafas lega setelah otoritas liga melanjutkan kembali pertandingan yang terhenti karena pandemi.

Pasalnya, Liverpool harus menunggu 30 tahun untuk menjuarai liga setelah kemenangan terakhir mereka raih pada tahun 1989/1990. Waktu yang cukup lama untuk mengangkat tropi kemenangan.

Liverpool hanya cukup memenangkan 2 laga sisa untuk mengunci tropi liga paling bergengsi di dunia, itu artinya liverpool akan mengantongi 19 kali titel juara liga priemer Inggris. Sebuah prestasi yang membanggakan.


Perlu diketahui bahwa semenjak liga berubah nama menjadi liga premier. Saat itulah Liverpool kehilangan taringnya. Liverpool selalu dibawah bayang bayang tim raksasa eropa lainnya. 

Semenjak periode paling sukses dalam sejarah Liverpool pada tahun 1970-an dan 1980-an ketika Bill Shankly dan Bob Paisley memimpin klub dengan sebelas gelar liga dan tujuh piala Eropa.

Dibawah asuhan klop, liverpool makin klop dan benar benar memposisikan dirinya sebagai penantang serius dalam perebutan gelar juara.

Di tahun sebelumnya Liverpool hampir saja menyegel gelar juara liga pertamanya setelah 3 dekade apabila tidak disalip rivalnya, Manchester city.

Naas, keberuntungan belum memihak. Liverpool harus puas di posisi runner up dengan hanya selisih  1 poin dari pemuncak klasemen liga pada saat itu.

Namun, rupanya Liverpool tidak menyerah. Hal ini terbukti pada beberapa tahun terakhir, Liverpool menjadi klub luar biasa dengan menembus final 2 kali secara beruntun. Dan berhasil menjadi kampiun dengan mengalahkan rival senegaranya.

Dan mungkin saja skenario bisa berubah, seandainya pada tahun 2018/2019 dalam final melawan Real Madrid, Mohammed Salah tidak cedera di waktu awal berjalannya pertandingan. Pasalnya, waktu itu tumpuan tertuju pasa Salah yang sedang dalam masa onfire.

Kali ini sejarah benar benar terbuka lebar. Setelah 30 tahun, Liverpool kini diambang juara liga Premier. Dengan raihan poin yang sulit dikejar oleh klub lainnya. 

Bukan hal yang tidak mungkin bahwa sejarah benar benar akan terwujud dalam beberapa mingggu ke depan. 

Dengan adanya pertandingan lanjutan, maka kesempatan emas ini kemungkinan akan dimaksimalkan. 


 

No comments

Ads