5 Tips Menjadi Blogger yang Konsisten


Web adalah cara kita untuk menuangkan ide ke dalam tulisan yang dapat diakses tanpa batas. Ide ide yang ada dalam diri bisa kita manfaatkan melalui jaringan internet. 

Untuk menjadi seorang blogger, hal yang paling mendasar adalah hobi menulis. Sejauh ini, menulis lepas di berbagai media cetak, kadang sulit bersaing. Karena banyaknya penulis lain yang memiliki topik yang sama yang lebih kompeten dan rapih dalam menuangkan ide tulisannya. Tentu saja menjadi seorang penulis yang kompeten dan tertata telah melewati berbagai proses pengalaman menulis, sehingga tulisannya menjadi lebih baik dari tulisan sebelumnya.

Nah ini bisa kita jadikan sebagai bahan pembelajaran bahwa penulisan yang baik ternyata melalui proses berbagai macam ide yang konsisten yang dituangkan dalam sebuah tulisan yang simpel.

Salahsatu yang bisa kita manfaatkan adalah blog. Blog seolah ladang milik kita. Kita bisa tanam apa saja yang kita punya, kita bisa belajar dari tanaman yang mungkin sebelumnya tidak ada yang tumbuh. menariknya bahwa tidak ada pesaing dalam blog, tulisan sederhana pun bisa dipublikasikan yang penting masih dibawah koridor tulisan yang diperbolehkan. Pesaingnya adalah diri kita sendiri. Semakin mampu mengalahkannya, maka semakin banyak artikel yang dibuat. Semakin banyak artikel yang dibuat, maka semakin bermutu tulisannya. Sehingga blog menjadi ladang utama proses belajar menulis yang nyata sebelum masuk ke dunia tulis menulis dalam bentuk cetak.


Berikut ini tips agar menjadi seorang blogger yang konsisten yang dapat menulis artikel minimal 1 hari satu artikel yang bermanfaat bagi orang lain.

1. Memperhatikan pembuatan web yang topik pembahasannya adalah sebuah fashion. 

Tuangkan ranah fashion kita dalam tulisan, agar orang orang yang memiliki fashion yang sama dapat mengambil manfaat dari membaca tulisan yang kita buat sebagai bahan referensinya.

Seperti fashion dalam ilmu komputer, dan lain sebagainya. Bagikan kepada orang lain tips dan ilmu yang kita miliki baik berupa uraian, tutorial maupun opini.

2. Manfaatkan Note atau Memo Handphone untuk menulis satu bagian judul yang mungkin muncul di saat waktu tidak memungkinkan untuk membuka komputer atau laptop.

Tulislah bagian penting yang menjadi bahan tulisan utama untuk dikembangkan kembali. Seperti draft penulisan essay. Karena biasanya Ide datang dengan sendirinya, kadang dalam perjalanan atau pada saat yang tidak diduga.

3. Membuat artikel dalam bentuk Opini pada perkembangan berita yang sedang hangat.

Kita bisa tuangkan opini sesuai dengan kapasitas keilmuan kita sebagai penulis. Opini tersebut menggambarkan tingkat pemahaman seseorang pada kasus berita tertentu. Kita bisa tuangkan lebih banyak referensi yang kita kaitkan untuk memperkuat opini yang kita sampaikan.

Namun, meskipun opini pribadi pada situs pribadi. Kita tetap harus menjaga etika penulisan, agar opini yang ditulis tidak bersifat memojokkan, membenarkan, menyalahkan dan lain sebagainya.

4. Menuangkan pengalaman pribadi yang bermanfaat dalam tulisan.

Kita bisa curahkan segala bentuk pengalaman pribadi yang baru saja terjadi ke dalam sebuah tulisan. Tentu saja pengalaman yang bermanfaat bagi orang lain. Seperti pemecahan masalah kehidupan, dampak interaksi sosial yang nampak di kehidupan dan lain sebagainya.

5. Membuat Tutorial sederhana

Setiap orang pasti memiliki kelebihan, entah itu dalam bidang komputer, menulis, bahkan seorang penjual kelontong sekalipun. Kita bisa membuat tutorial sederhana dari apa yang menjadi kelebihan kita ke dalam sebuah tulisan.

Karena yakinlah bahwa kita hidup di dunia selalu memiliki kesamaan. Kesamaan profesi, hobi, dan lain sebagainya.

Itulah 5 tips Menjadi Blogger yang Konsisten dan berkelanjutan sebagai bagian dari proses belajar menulis serta memberikan manfaat kepada orang banyak. Semoga bermanfaat.

No comments

Ads