Download UU Desa Terbaru Lengkap


Dalam pelaksanaan dan realisasi kerja program desa sepenuhnya diatur di dalam Undang Undang Desa. Setiap Desa harus mengacu kepada aturan yang berlaku yang dituangkan di dalam UU tersebut.

Untuk itu setiap perangkat Desa atau stakeholder harus paham betul bagaimana peraturan tersebut berlaku sehingga dalam proses pelaksanaannya tepat sasaran.

Ada beberapa undang undang tetang Desa yang menjadi hal penting untuk diketahui oleh setiap perangkat desa diantara tentang bagaimana prioritas penggunaan dana desa, Pengelolaan keuanhan desa, pendirian Badan Usaha Milik Desa, pembentukan BPD, administrasi pemerintahan desa, pengelolaan aset desa, laporan kepala desa, kewenangan desa, dan lain sebagainya.

Menurut wikipedia Undang-Undang Desa adalah seperangkat aturan mengenai penyelenggaran pemerintah desa dengan pertimbangan telah berkembang dalam berbagai bentuk sehingga perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis sehingga dapat menciptakan landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Undang-Undang ini juga mengatur materi mengenai Asas Pengaturan, Kedudukan dan Jenis Desa, Penataan Desa, Kewenangan Desa, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Hak dan Kewajiban Desa dan Masyarakat Desa, Peraturan Desa, Keuangan Desa dan Aset Desa, Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan, Badan Usaha Milik Desa, Kerja Sama Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, serta Pembinaan dan Pengawasan. Selain itu, Undang-Undang ini juga mengatur dengan ketentuan khusus yang hanya berlaku untuk Desa Adat sebagaimana diatur dalam Bab XIII.

Disini kami sediakan file utuh undang undang desa yang bisa di download secara gratis untuk menjadi bahan informasi dan rujukan bagi perangkat desa dalam menjalani kegiatan desa. Berikut file yang kami sediakan silahkan download secara gratis melalui drive.


1. Permendes Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2018


2. Permendagri Tahun 2018 Nomor 10 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa


3. Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)


4. Peraturan Menteri Nomor 110 tahun 2016 Tentang Badan Pemusyawaratan Desa


5. PERMENDAGRI NOMOR 47 TAHUN 2016 TENTANG ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA


6. PERMENDAGRI NOMOR 46 TAHUN 2016 TENTANG LAPORAN KEPALA DESA


7. PERMENDAGRI NOMOR 44 TAHUN 2016 TENTANG KEWENANGAN DESA


8. Permendagri Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa


9. PERMENDAGRI NOMOR 81 TAHUN 2015 TENTANG EVALUASI PERKEMBANGAN DESA DAN KELURAHAN


10. PERMENDAGRI NOMOR 82 TAHUN 2015 TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN KEPALA DESA


11. PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 125/PMK.07/2016 TENTANG PENUNDAAN PENYALURAN SEBAGIAN ALOKASI UMUM TAHUN ANGGARAN 2016


12. PERATURAN MENTERI KEUANGAN (PMK) NOMOR: 93/PMK.07/2015 TENTANG TATA CARA PENGALOKASIAN, PENYALURAN, PENYALURAN, PEMANTAUN, DAN EVALUASI DANA DESA


Itulah file Undang Undang Desa yang bisa dibdownload. Semoga bermanfaat. Untuk mencari informasi terkait desa bisa melihat artikel lain yang kami sediakan dengan kategori tentang desa. Wassalam

No comments

Ads