Channel Youtube Menghilang dan Ditangguhkan


Adakah sobat memiliki pengalaman yang sama?

Sebagai seorang youtubers pasti setidaknya akan mengalami hal yang sama seperti yang saya alami. Yaitu akun channel ditangguhkan atau channel menghilang secara tiba-tiba.

Bahkan kita tidak akan pernah menyangka, pada akhirnya channel tetap akan ditangguhkan juga meskipun isi dari channel tersebut benar-benar murni hasil karya kita sendiri.

Baik, postingan kali ini saya ingin men-share pengalaman saya perihal channel yang tiba-tiba menghilang dan ditangguhkan. Semoga saja pengalaman ini bisa membantu para youtubers lainnya.

Sebenarnya channel yang saya buat adalah hasil karya sendiri yang berisi video tutorial seputar dunia desain. Sehingga saya tidak merasa khawatir akan segala hal yang bersifat penghapusan, banned, suspend, atau penangguhan.

Toh saya begitu yakin bahwa saya tidak melanggar pedoman komunitas dan syarat ketentuan youtube. Hingga sampai 1 tahun kemudian pun channel tersebut aman-aman saja. Trafik mulai naik, channel pun mulai menuai hasil.

Tapi, entah kenapa badai mulai melanda di tahun berikutnya. Tiba-tiba channel tersebut ditangguhkan. setelah saya cek ke email. Ternyata dijelaskan bahwa saya telah melanggar pedoman komunitas. Wah wah gawaat..

Bahkan saya pun pernah mengalami penangguhan channel tanpa pemberitahuan yang jelas atau tidak ada notifikasi email yang masuk.

Kesalahan

Saya mulai menganalisa kenapa ini bisa terjadi. Karena saya yakin bahwa pihak youtube tidak akan menangguhkan jika memang channel tersebut benar-benar tidak melanggar.

Menurut analisa saya, sebenarnya pihak youtube telah memberikan keadilan kepada youtubers dengan berbagai persyaratan pada pedoman komunitas. Kalau kita membaca kembali pedomannya secara detail, maka kita akan menemukan dimana letak kesalahan kita.

Meskipun isi channel tersebut adalah hasil karya sendiri, tetapi jika masih ada pelanggaran komunitas meskipun sepele tetap akan ditangguhkan seperti channel yang saya miliki.

Kesalahan sepele itu diantaranya:

1. Membuat judul yang berlebihan agar memikat perhatian viewers
2. Memberikan tag yang berlebihan dan tidak relevan
3. Membiarkan spam

Selengkapnya silahkan kunjungi layanan pedoman komunitas youtube untuk lebih detail bagiamana hal-hal tersebut tidak diperbolehkan.

Ketiga hal sepele inilah yang saya simpulkan. karena kalau saya flashback, saya memang cenderung menghiraukan ketiganya ketimbang pelanggaran lain yang saya hindari, seperti: konten sara, penebar kebencian, pornografi, kekerasan, menghasut, mengedit video orang lain, dsb.

Nah, jika anda mengalami hal yang sama. Silahkan untuk mengajukan banding kepada pihak youtube. Kami sediakan alur bagaimana langkah pengajuannya sebagai berikut:

Langkah Pengajuan Banding

Jika channnel youtube hilang secara tiba-tiba atau tidak ada pemberitahuan email masuk. maka alternatifnya adalah dengan masuk terlebih dahulu ke settingan akun utama. Silahkan klik link ini https://myaccount.google.com/brandaccounts

Silahkan pilih channel yang telah ditangguhkan

Tiba tiba Channel Youtube Menghilang dan Ditangguhkan

Kemudian pilih edit info akun

Tiba tiba Channel Youtube Menghilang dan Ditangguhkan

Maka nantinya akan diarahkan pada tampilan untuk meminta log in kembali. Setelah itu, channel sudah terbuka. Silahkan untuk kembali ke halaman utama youtube, kemudian klik channel yang sudah ditampilkan tadi.

Tiba tiba Channel Youtube Menghilang dan Ditangguhkan

Setelah mengklik channel yang ditangguhkan maka akan muncul jendela baru. Silahkan klik formulir untuk mengajukan banding.

Tiba tiba Channel Youtube Menghilang dan Ditangguhkan

Dan berikut inilah tampilan pengajuan banding atas channel kita.

Tiba tiba Channel Youtube Menghilang dan Ditangguhkan

Untuk isi dari formulir tersebut kolom 1 isi dengan nama channel. Kolom 2 isi dengan email channel yang ditangguhkan atau googleplus channel tersebut. Untuk channel google plus bisa dilihat di menu settingan utama channel. Kolom 4 isi dengan alamat email yang akan menerima notifikasi jawaban dari tim youtube. Kolom 5 isi alasan agar channel dapat diaktifkan kembali.

Kami sarankan agar gunakan bahasa sendiri dan posisikan bahwa kita memang berada di jalan yang salah. Buatlah kata-kata yang seolah kita sedang memohon untuk diaktifkan kembali.

Disini kami sengaja tidak menampilkan screenshot contoh kata-kata pengajuannya, karena kami berharap agar kata permohonan yang nanti diajukan benar-benar dari anda sendiri. Sehingga tim youtube dapat menanggapi sesuai keluhan yang terdapat pada channel tersebut.

Apabila mendapatkan notifikasi di email seperti dibawah ini artinya pengajuan banding diterima. Dan dipersilahkan untuk klik tautannya untuk mengaktifkan kembali.


Apabila mendapatkan notifikasi berikut. Itu artinya pengajuan kita ditolak.


Jika mendapatkan notifikasi berikut. Maka itu dipastikan jawaban mesin otomatis dari Pihak youtube karena telah menerima formulir penangguhan sebelumnya.

Tiba tiba Channel Youtube Menghilang dan Ditangguhkan

Dan jika pengajuan kita sudah tidak ada respon lagi dari pihak youtube. Maka kemungkinan itu dikarenakan pihak youtube telah menerima beberapa kali pengajuan sehingga menganggapnya sebagai spam.

Nah, disinilah kita mesti khawatir. Sebab tidak adanya respon dari pihak google petanda channel sudah dinonaktifkan secara permanen. Sehingga kita tidak diizinkan untuk mengakses kembali channel kita.

Pengajuan banding diterima atau tidak tergantung pada kesalahan yang telah kita perbuat. Apabila kesalahan tersebut dianggap fatal. Kemungkinan pengajuan banding tersebut tidak akan diterima. Tentu saja semua ini tergantung pada channel yang kita miliki.

Seperti yang saya alami, rentetan gambar diatas adalah kronologis channel saya. pengajuan pertama diterima. Beberapa bulan kemudian channel menghilang. Saya ajukan banding kembali tetapi responnya disuruh menunggu.

3 hari kemudian tidak ada kabar, saya ajukan kembali. Beberapa jam sudah dapat notifikasi dengan jawaban mesin. Karena kesal dengan jawaban tersebut. Saya ajukan kembali. Tetap responnya sama. sampai satu minggu kemudian saya ajukan banding kembali. Barulah yang ini tidak direspon sama sekali.

Setelah saya masuk ke google forum untuk berdiskusi dan mencari tahu. ternyata jawaban mereka sama, yaitu seputar kesalahan sepele yang kadang jarang dihindari.

Kesimpulannya, video karya sendiri tidak menjadi jaminan untuk memberikan rasa aman terhadap channel. Tim google sudah secara de facto merilis pedomannya. Tidak ada tawaran, meskipun hanya sedikit pelanggaran.

Maka sebaiknya memang kita mesti benar-benar ikuti pedoman mereka dengan membaca secara detail apa saja yang menjadi pelanggaran komunitas. Kalau masih menganggap sepele, bisa jadi pengalaman ini akan menimpa kembali.

Dengan pedoman ini, Setidaknya tim youtube telah memberi keadilan agar komunitas youtube benar-benar pure dan fair dalam bersaing di dunia youtube

Coba kita berpikir sejenak bahwa lebih baik ditangguhkan di awal saat channel belum menjadi apa-apa. Daripada saat channel yang kita tunggu-tunggu dan sudah memiliki penghasilan rutin, tiba-tiba menghilang bagaikan ditelan bumi.

Untuk itu mulai dari sekarang. Buatlah video sendiri ikuti aturan mereka. Karena situs youtube adalah kesempatan besar untuk meraup penghasilan yang tak terbatas nilainya. Mereka membutuhkan creative creator seperti kita sebagai publisher mereka.


No comments

Ads