Cara Memperkecil Size Gambar JPEG Cepat dan Mudah


Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba share tutorial cara memperkecil ukuran gambar dengan mudah dan cepat. Gambar memiliki variasi tipe. Diantaranya yang paling banyak digunakan adalah gambar berjenis .jpg, dan png. 

Antara keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu jenis format file untuk menyimpan gambar digital. Namun png memiliki fitur yang berbeda yaitu memberikan efek transparan pada background bawaan. Sehingga apabila kita mengunduh gambar berformat png, maka yang terdownload adalah keseluruhan gambarnya saja. 

Di dalam kebutuhannya sering sekali kita dipaksakan untuk memperkecil size gambar yang sudah ada. Contohnya di saat membuat lamaran cpns, di dalam persyaratannya tertulis bahwa ukuran size gambar maksimal sekian dan sekian. Nah ini kadang kita bingung bagaimana cara memperkecil tanpa merubah dimensinya.

Ada cara yang cepat untuk melakukan kompresi pada gambar tanpa harus ribet yaitu dengan memfungsikan aplikasi bawaan komputernya yaitu aplikasi paint. 

Setiap komputer atau laptop pasti memiliki fitur bawaan ini. Untuk membukanya silahkan klik tombol start dan tulis kata paint. Maka akan muncul aplikasi paint.

Baik.. yok kita langsung saja ke cara memperkecil ukuran gambar dengan mudah dan cepat. 

Pada gambar dibawah ini memiliki dimensi 441 x 337 dengan ukuran file 275 kb. 


Langkah langkah memperkecil ukuran gambar sebagai berikut:

1. Pilih gambar yang ingin diperkecil ukurannya. Klik kanan pada mouse lalu pilih edit


2. Gambar akan terbuka di aplikasi paint secara otomatis. Kita bisa melakukan croping jika ada gambar yang ingin dipotong atau bisa langsung diperkecil dengan cara klik resize - pixels - ok.


3. Pastikan dalam Maintain aspect rasio tercentang seperti pada no (3), hal ini untuk memastikan bahwa dimensi gambar tidak berubah. Sehingga ketika kita merubah bagian horizontal maka otomatis bagian vertical juga berubah. 

Kita kurangi misal horizontal 241, vertical otomatis berubah menjadi 107. Lalu ok dan save. Maka ukuran gambar akan berubah. 


Itulah cara memperkecil ukuran gambar dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.

No comments

Ads