Cara Membuat Sertifikat Piagam Keren Coreldraw


Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat sertifikat atau piagam diantara photoshop dan coreldraw. Bisa juga dengan menggunakan microsof word jika sertifikat atau piagam tersebut sederhana.
Kali ini saya ingin share terkait cara membuat sertifikat atau piagam dengan menggunakan coreldraw. Coreldraw sangat saya sukai karena jenis vector yang dimiliki. Karena itulah hasil yang diciptakan jadi lebih keren dan bagus. Kita bisa berkreasi sesuka kita. Entah mau dibuat 3d atau piagam sederhana.
Piagam yang saya akan buat nanti nya menjadi seperti piagam sertifikat dibawah ini.

Lalu bagaimana cara membuat piagam penghargaan seperti diatas. Ayo kita ikuti langkah-langkahnya

1. Tentukan terlebih dahulu ukuran kertas yang kita inginkan untuk menyesuaikan ukuran piagam tersendiri. Bisa juga menyesuaikan ukuran kertas yang sudah ada, seperti ukuran legal atau A4.

2. Klik rectangle tool (F6) untuk membuat garis kotak terlebih dahulu.

3. Klik Shape tool (F10) untuk merubah bentuk garis menjadi kurva. Bisa juga dengan mengklik objek dengan mouse kanan lalu pilih convert to curve. Atur bagian yang ingin dilengkungkan dengan megklik kembali garis kemudian klik mouse kanan pilih to curve.

4. Copy paste objek menjadi 3. Berikan warna sesuai keinginan. untuk warna transparan pilih transparency tool. Sehingga bentuknya menjadi seperti objek dibawah ini.


Selanjutnya kita akan membuat lengkungan garis kembali. Dengan variasi warna yang berbeda seperti dibawah ini.
5. Caranya klik pen tool kemudian buat dua garis yang berbeda saling menyilang. Atau bisa buat terlebih dahulu satu garis sesuai keinginan lalu copi paste objek menjadi 2 bagian.

6. Kemudian pilih salah satu objek, klik blend tool. drag objek pertama sampai bertemu ke objek kedua. Sehingga secara otomatis objek menjadi banyak berupa garis garis yang bertemu.

7. Berikan warna dengan mengklik outline pen yang berada dibawah menu coreldraw


langkah selanjutnya silahkan untuk berikan variasi lain agar piagam sertifikat menjadi lebih keren. Dengan membuat bentuk kotak-kotak berwarna. Masukkan kata yang biasa digunakan dalam piagam penghargaan.

Itulah cara membuat piagam sertifikat dengan coreldraw. Silahkan tinggalkan komentar untuk bertanya tutorial yang kurang dipahami. Semoga bermanfaat.   




No comments

Ads