Pengertian, Ciri Dan Struktur Deskriptif Teks (Descriptive Text)


Teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan sifat-sifat yang melekat pada sesuatu, baik manusia, hewan, tumbuhan, ataupun benda mati.

Adapun tujuannya adalah untuk menggambarkan segala sesuatu, baik itu manusia, hewan, dan benda mati dengan sifat yang melekat padanya.

Sifat ini meliputi jenis, ukuran, warna, dan lain sebagainya sehingga pembaca dapat mengetahui seperti apa sesuatu tersebut dari gambaran yang kita sampaikan. Meskipun ia belum melihatnya.


Unsur Kebahasaan

Unsur kebahasaan menjadi ciri dalam mengidentifikasi sebuah kalimat. Selain dari pengertian diatas, kita dapat menentukan dari unsur kebahasaan yang digunakan dalam sebuah teks.

Deskriptif text ini bisa kita identifikasi, dari unsur bahasa meliputi:

1. Menggunakan simple present tense
2. Menggunakan to be seperti is, am, are
3. Menggunakan kata sifat (adjective)
4. Menggunakan relating verb seperti seem, being dan sebagainya.

Struktur Teks

Setiap teks memiliki pola struktur yang berbeda. Dari pola tersebut terbentuklah sebuah paragraf yang diakhiri dengan kesimpulan atau solusi yang bisa diambil oleh pembaca.

Adapun pola struktur teks adalah:

1. Identification

Bagian ini berfungsi untuk mengidentifikasi sesuatu yang ingin dideskripsikan atau digambarkan.

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek atau sesuatu yang akan kita gambarkan sebelum kita beritahu tentang sifat-sifatnya.

B. Descripsion

Bagian ini tentang sifat-sifat yang melekat pada suatu yang telah diperkenalkan pada bagian identification.

Itulah pembahasan terkait dengan pengertian, ciri dan struktur deskriptif teks dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments

Ads