Mengenal Virus Komputer dan Cara Mengatasinya


Mengenal Virus

Virus computer membuat pekerjaan berantakan, apalagi jika sudah menyerang system komputernya maka habislah sudah. Semuanya jadi lambat bahkan ada juga yang tidak berfungsi sama sekali.

Untuk itu, penting rasanya mengetahui cara kerja virus supaya dapat membunuh atau mencegah penyebarannya.

Menurut Wikipedia.com virus computer merupakan program computer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan ke dalam program atau dokumen lain.


Cara kerja Virus

virus pada umumnya hanya merusak perangkat lunak (software) computer dan tidak merusak secara langsung perangkat keras (hardware) tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Sehingga membuat sumber daya pada computer (penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan (Wikipedia.com).

Inilah yang mengakibatkan computer bermasalah seperti loading (lambat), mnggandakan file, atau ngehank. Bahkan virus yang ganas dapat merusak hardware komputernya.

Jenis Virus

Di Indonesia sendiri pada umumnya, ada dua jenis tipe virus yang sering menyerang system computer.

Pertama, Worm yaitu virus yang menduplikat dirinya sendiri pada harddisk. Sehingga mngakibatkan terkurasnya memori dalam computer. Indikasi ini dapat dilihat apabila computer semakin lambat padahal sparepartnya sudah memadai.

Kedua, Trojan yaitu virus yang dapat mengambil data pada computer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat Trojan itu sendiri.

Penyebaran Virus

virus dapat menyebarkan dirinya melalui beberapa hal. Diantaranya

  1. penggunaan flashdisk (jenis USB yang berfungsi untuk memindahkan data dari computer lain
  2. secara tidak sengaja membuka folder/file yang sudah terinfeksi.
  3. penggunaan Internet (Sarangnya Virus)



Antisipasi

Untuk mengantisipasinya, tentu saja yang paling penting adalah menggunakan antivirus handal yang selalu diupdate tiap bulannya.

Karena antivirus handal biasanya akan meminta update otomatis apabila computer terhubung ke internet. Seperti avira, avg, dsb.

Selain antivirus, ada beberapa langkah untuk mengantisifasi agar computer yang digunakan tidak terinfeksi, dengan cara:
  • Hati-hati dengan folder yang tidak dikenal, bisa jadi itu adalah virus yang menyerupai. Sebaiknya hapus saja.
  • Cek kembali  folder tersebut dengan menggunakan menu detail untuk melihat tipe foldernya. 
  • Pastikan bahwa tipe folder atau dokumen sesuai dengan nama tipe folder itu sendiri. Contohnya bisa dilihat dari gambar dibawah ini. Gambar 1c 
  • (Ingat bahwa cara kerja virus adalah selain menduplikat juga dapat menyembunyikan folder aslinya. tetapi tidak mampu merubah nama tipe)
  • Apabila menggunakan flashdisk, pastikan di scan terlebih dahulu dengan antivirus yang sudah dipasang. Agar di dalam flashdisk tersebut benar-benar aman. 
  • Apabila sudah terinfeksi tetapi belum ke dalam system computer. Silahkan gunakan antivirus handal yang bisa menghapus dan memperbaiki folder yang rusak, atau menampilkan kembali folder asli yang tersimpan. 
  • Dan jika sudah menyerang system computer (indikasinya: tiba-tiba nghank, computer restart sendiri, lambat, bebepa software tidak berfungsi), sebaiknya install ulang computer anda. 
Itu saja tips dari kami, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Kami terbuka apabila ada yang ingin menambahkan kekurangan dari postingan ini. Terimakasih.

No comments

Ads