Ternyata “Kantor” Kata Serapan Bahasa Belanda. Berikut Ini Pengertian Kantor Lengkap (Perangkat Desa Wajib Tahu)


Penjajahan Belanda ke Negara Indonesia yang berkepanjangan hingga berabad-abad, menyisakan beberapa kosa kata yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Kosa kata tersebut sudah diserap ke Bahasa Indonesia dan menjadi Kosa kata EYD. Salah satunya adalah kata kantor.

Ternyata perkataan kantor berasal dari bahasa Belanda “kantoor”. pengertiannya, sejak lebih dari dua puluh lima tahun yang lalu Prajudi (1976: 60) telah menjelaskan pengertian “kantor” berikut ini:

1. Kantoor berarti ruang atau kamar kerja, atau ruang tulis;

2. Markas, atau ruang (kompleks) di mana seorang pengusaha beserta stafnya menjalankan aktivitas-aktivitas pokoknya;

3. Biro atau tempat kedudukan pimpinan dari suatu administrasi;

4. Instansi, badan, jawatan, perusahaan.



Namun kata kantor juga biasa dipadankan dengan bahasa Inggris “Office”, sedangkan jika kita menggunakan padanan kata bahasa inggris dengan kata “office” maka bisa berarti:

1. Kewajiban, tugas, fungsi (duty, task, function);

2. Jabatan (tenure of oficial position);

3. Markas atau ruang di mana seorang pengusaha dan stafnya menjalankan aktivitas usaha pokoknya (quarters, or staf or collective authority of company, government department, etc.);

4. Jasa pelayanan (service, kind help);

5. Tugas pekerjaan, komposisi dari urusan-urusan tertentu (the work which it is some body ’s duty to do, work, and duties);


6. Tempat, gedung, yang dipakai sebagai pusat tempat kerja tata usaha (place, building, rooms, of business and clerical works).


Nah, dari berbagai pengertian perkataan “kantoor” dan perkataan “office” seperti tersebut di atas, kemudian kini berkembang di Indonesia dengan perkataan kantor.

Dimana pengertiannya lebih diartikan sebagai tempat atau ruangan dan proses kegiatan penanganan data/informasi.

Dalam hubungan ini yang dimaksud dengan penanganan adalah pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan dan pendistribusian atau penyimpanan data/informasi.

Sehingga dengan demikian pengertian kantor dapat dirumuskan sebagai berikut:

Pertama, Tempat atau ruangan penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan dan pendistribusian atau penyampaian data/informasi;

Kedua, Proses penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan dan pendistribusian/penyampaian data/informasi.

Di samping pengertian kantor dalam arti tempat maupun proses seperti tersebut di atas, kantor juga sering diartikan sebagai sarana pemusatan kegiatan-kegiatan yang bersifat administratif atau tepatnya kegiatan kegiatan yang bersifat manajerial dan fasilitatif.

Kesimpulannya, dari uraian singkat di atas jelas bahwa pengertian kantor bisa dalam arti tempat; ini yang biasa disebut dalam arti statis. Kantor juga bisa dalam arti proses, ini yang biasa disebut dalam arti dinamis. Kantor juga bisa dalam arti sarana, ini yang biasa disebut dalam arti fungsional.

Baca juga: Apa Itu Administrasi dalam Lingkup Desa ? Simak Pengertiannya 

Akan tetapi, dalam arti yang manapun, sasaran utama dalam kegiatan kantor adalah penanganan data/informasi.

Untuk penanganan data/informasi ini jelas diperlukan bangunan atau ruangan, alat-alat dan perlengkapan lainnya untuk menunjang administrasi, biaya, serta tata laksana kerja. Semoga bermanfaat. 

No comments

Ads