Cara Menentukan Gagasan Utama Lengkap Dengan Contohnya


Sebenarnya dalam masalah menentukan kalimat gagasan utama atau topik pada sebuah paragraf memiliki bermacam-macam cara tergantung pada jalan pikiran si penulis.

Dari jalan pikiran penulis itulah dimana penulis merangkai sebuah kalimat menjadi paragraf yang satu sama lain saling berhubungan.

Untuk menentukan sebuah gagasan utama atau topik pada sebuah paragraf, kita bisa mencari kalimat yang mewakili dari keseluruhan kalimat tersebut.

Atau boleh dibilang gagasan utama adalah kalimat umum yang kemudian diperinci lagi dengan kalimat lainnya.

Sehingga kita dapat menyimpulkan dari keseluruhan paragraf tersebut dengan satu kalimat utama tadi.


Adapun penempatan gagasan utama atau topik dalam paragraf ada tiga cara:

Pertama, ada yang menceritakan pokok permasalahan terlebih dahulu lalu menerangkannya  di kalimat lain yang dirangkai sedemikan rupa sehingga saling berhubungan.

Kedua, ada yang membicarakan sesuatu yang dimulai dari bagian-bagian yang konkret atau khusus hingga sampai pada simpulan umum.

Ketiga, membicarakan sesuatu yang dimulai dari bagian-bagian konkret kemudian disimpulkan lalu dibicarakan lagi bagian-bagian konkretnya.

Nah, dari ketiga alur inilah kita dapat menyimpulkan bahwa gagasan utama atau topik bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, dan di akhir kalimat.

Untuk mengetahui kalimat gagasan utama atau topik tersebut, kita harus selesai dahulu membaca paragraf sampai selesai baru kemudian menyimpulkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh penempatan gagasan utama atau topik di awal, di tengah dan di akhir paragraf.

#Contoh Gagasan Utama atau Topiknya di Awal Paragraf

Program-program kampanye presiden sangat menjanjikan (1) diantara program-program tersebut antara lain harga sembako akan diturunkan. (2) adapun pemberantasan korupsi merupakan prioritas utama (3).

Nah, dari ketiga kalimat tersebut. Kita dapat menyimpulkan bahwa kalimat utama berada di awal kalimat yang ditujukan oleh nomor 1.

Adapun kalimat nomor 2 dan 3 sebagai kalimat pengembang.

#Contoh Gagasan Utama atau Topiknya di Tengah-tengah Paragraf

Umurnya masih muda. (1) Postur tubuhnya cukup tinggi. (2) Otaknya juga cukup cerdas, hampir semua teori yang diberikan pelatih dapat dipahami dengan baik. (3) Tidak salah bahwa Soni menjadi anak kesayangan pelatih (4) Selain rajin berlatih, ia selalu tepat waktu(5) begitupun kepribadiannya ia dikenal sangat baik (6).

Pada paragraf diatas. Gagasan utama atau topik ditujukkan oleh nomor 4.

Adapun kalimat nomor 1,2,3,5 dan 6 adalah kalimat pengembang.

#Contoh Gagasan Utama atau Topiknya di Akhir Paragraf

Makanannya selalu dibuat dari bahan-bahan yang bergizi (1) perawatannya sangat apik dan telaten (2) bahkan setiap bulan ia menghabiskan hampir 4 dus susu (3) begitupun dengan tempat tinggalnya yang bersih (4) tak heran jika anak itu mendapatkan predikat anak sehat (5).

Paragraf diatas jelas bahwa kalimat yanh ditujukan oleh nomor 1,2,3 dan 4 adalah kalimat pengembang.

Sehingga kalimat utama atau gagasan utama atau topiknya adalah kalimat yang ditujukan oleh nomor 5.

Itulah cara menentukan gagasan utama atau topik pada sebuah paragraf.



No comments

Ads