Cara Membuat Halaman Blog di Blogspot


Supaya blog tampil lebih menarik, kita bisa tambahkan halaman di bagian blog. Baik, sebelum kita masuk ke dalam pembahasan tutorialnya. Sedikit informasi terkait halaman blog.

Halaman blog adalah tulisan yang bersifat statis. Kita bisa fungsikan sebagai tempat untuk memperkenalkan blog.

Diantaranya kita bisa gunakan halaman blog sebagai profil blog, ketentuan blog, tentang blog, dan lain sebagainya.

Pertanyaannya, apakah ini perlu? Tentu saja sangat perlu. Karena dengan halaman ini kita bisa mendekatkan blog kita kepada pembaca. Sehingga, halaman dijadikan sebagai salah satu cara untuk menarik kepercayaan pembaca.

Dari sisi tentang blog misalnya. Kita bisa cantumkan tujuan secara garis besar blog tersebut. Apakah berbentuk berita, tutorial atau lainnya.

Baik, kita langsung menuju cara membuat halaman blog di blogspot. Pertama, kita sudah memiliki blog dan log in seperti biasa. Kemudian pilih pages/halaman dan klik new pages seperti gambar dibawah ini.


Kemudian muncullah menu penulisan seperti menu penulisan artikel. Silahkan berikan judul terlebih dahulu dengan salah satu contoh misalnya tentang blog, profil blog atau judul lain yang sesuai dengan keinginan. Kemudian klik Publish.

Lakukan langkah sebelumnya dengan membuat judul paling tidak 2 halaman atau 3 halaman.

Setelah langkah ini selesai. Sekarang cara bagaimana halaman tersebut muncul di blog.

Untuk memunculkan halaman yang telah kita buat tadi. Silahkan masuk ke menu Layout. Kemudian pilih penempatan halaman.

Biasanya halaman ditempatkan dibawah header. Maka silahkan klik edit dan tambahkan gadget.


Langkah selanjutnya adalah silahkan ceklis bagian halaman yang sudah kita buat tadi. Seperti gambar berikut ini. klik simpan untuk memastikan bahwa pengaturan layout sudah selesai.


Mudah bukan?. Itulah langkah untuk membuat halaman blog di blogspot. Jika blog tersebut masih template bawaan, silahkan untuk diedit kembali tampilannya agar sesuai dengan tampilan yang kita inginkan. Untuk edit tampilan masuk ke menu template. Semoga bermanfaat.

No comments

Ads