Apa Itu Administrasi dalam Lingkup Desa ? Simak Pengertiannya


Bagi yang bekerja di perkantoran, memahami pengertian administrasi secara utuh sangat perlu ditanamkan di dalam dirinya.

Hal ini salah satu upaya untuk memperkuat tanggungjawabnya sebagai karyawan.

Tidak terlepas bagi  aparatur atau perangkat desa. Selain melaksanakan tugas pokok dan fungsi untuk mewujudkan visi dan misi, perangkat desa bertanggung jawab terhadap kantor di mana ia setiap hari berada di Dalamnya.

Untuk lebih memahami tentang administrasi perkantoran, simak penjelasan berikut ini.

Administrasi yaitu suatu kegiatan yang meliputi kegiatan kegiatan seperti : catat mencatat, surat menyurat, pembukaan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan (clrecical work).


Pengertian Administrasi di kelompokan menjadi 2 yaitu :

#Pengertian administrasi dalam arti sempit


Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain.

Administrasi dalam arti sempit inilah yang sebenarnya lebih tepat disebut tata usaha (clerical work / office work). Seluruh kegiatan ketatausahaan dapat dirangkum dalam tiga kelompok, yaitu korespondensi, ekspedisi, dan pengarsipan.

#Pengertian administrasi dalam arti luas


Administrasi dalam arti luas adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya-sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Jadi administrasi dalam arti luas memiliki unsur-unsur : sekelompok orang, kerjasama, pembagian tugas secara terstruktur, kegiatan yang runtut dalam proses, tujuan yang akan dicapai, dan memanfaatkan berbagai sumber.

Itulah pengertian administrasi, semoga bermanfaat. untuk informasi lainnya terkait pengertian desa, info desa, TPK, surat menyurat. Bisa and abaca diartikel kami lainnya hanya di abdidesa.com.


No comments

Ads