Kenapa Setiap Upload Video Tidak Terdeteksi di Pencarian Youtube? Inilah penyebabnya


Kadang kita heran dengan kondisi video yang tidak muncul di pencarian youtube. Padahal judul sudah dibuat dengan semenarik mungkin.

Bahkan ditambahkan dengan beberapa tag deskripsi, namun tetap saja video tidak tampil di hasil pencairan.

Berbeda halnya saat kita melihat channel orang lain. Baru saja di upload sudah banyak yang memview dan nangkring di halaman awal menu pencarian youtube.

Nah sahabat.. hal ini yang banyak dipertanyakan di forum youtube. Berikut kami simpulkan beberapa alasan terkait video yang tidak muncul di menu pencarian youtube.

Sebenarnya video yang dianggap tidak terdeteksi itu bukan berarti menghilang, atau benar-benar tidak terdeteksi mesin youtube.

Akan tetapi hal itu diakibatkan karena video tersebut berada di halaman yang tak terhingga.

Perlu diketahui bahwa youtube menggunakan metadata dimana video tertentu yang berhasil meraup viewer banyak akan menjadi video direkomendasikan.

Video tertentu disini mencakup; Pertama, penggunaan judul yang pas sesuai keinginan viewer. Kedua, moment tertentu dimana upload video pada saat bersamaan sedang dicari viewer.

Kadangkala ada waktu tertentu yang pas untuk upload video. Sebagai contoh: hasil pertandingan bola, video ini pas jika diupload di pagi hari atau sesaat setelah pertandingan selesai.

Sebab pada saat bersamaan akan banyak youtuber lain yang mengupload video dengan judul yang sama.

Apabila masa viewer di rentan waktu pertama lambat. Maka dipastikan viewer selanjutnya juga lambat.

Namun sebaliknya jika viewer di menit pertama trafiknya tinggi maka secara otomatis mesin metadata akan merekomendasikan video tersebut.

Sehingga dalam waktu yang singkat akan menghasilkan banyak viewer. Dan jika dalam waktu yang singkat itu sudah memikat banyak viewer, maka video tersebut akan nangkring di halaman pertama youtube.

Maka dari itu perlu kita buat sebuah pertanyaan terlebih dahulu sebelum mengupload video agar tidak sia-sia.

Pertama, apakah video yg kita upload termasuk video yang viral Atau setidak yang dicari oleh viewer?. Kedua, kapan waktu kita upload video tersebut?.

Sehingga kita dapat memilih video apa saja yang mesti diupload.

Kebijakan Youtube

Dengan alasan itulah mengapa sebabnya banyak para youtuber mengambil jalan alternatif dengan membuat judul yang berlebihan.

Atau bahkan membuat judul tertentu yang viral dan mengaburkan sebagian huruf yang diubah dengan angka.

Hal Ini semata-mata untuk menghindari metadata.

Namun Ironisnya, kegiatan ini melanggar kebijakan youtube. Pihak youtube menganggap bahwa penggunaan judul dalam bentuk scam adalah pelanggaran. Termasuk penggunaan tag yang berlebihan.

Itulah sedikit pengalaman yang bisa kami share kali ini. Semoga bermanfaat.

No comments

Ads