Banyak Yang Menyangka Jika Kubah Emas Di Yerussalem adalah Masjidil Aqhso. Ternyata Salah.

Gambar ilustrasi/pixabay.com

Salah satu ikon yang paling dikenal pada saat melihat video atau berita gambar beredar tentang Masjidil Aqhso yang berada di Kota Yerussalem adalah Kubah Emas atau Dome of Rock. Dan banyak yang beranggapan bahwa itulah yang disebut sebagai Masjidil Aqhso.

Saya pun demikian awalnya. Namun setelah membaca dan menyaksikan beberapa tayangan youtube serta keterangan lainnya. Ternyata anggapan kita salah karena yang dimaksud Masjidil Aqhso adalah sebuah kompleks yang salah satu bangunan di dalamnya kubah emas.

Sama seperti istilah Masjidil Haramain yang dinisbatkan pada Ka'bah dan sekelilingnya serta Masjid Nabawi.

Masjidil Aqhsa adalah sebuah kompleks persegi panjang yang didalamnya terdapat tiga bangunan suci yaitu: Kubah Emas, Masjid Alqibli atau Masjidil Aqhso dan Masjid alburoq.

Kubah Emas sendiri adalah tempat suci bagi Islam. Sebagian para ulama berpendapat bahwa tempat tersebut adalah tempat mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Namun Sebagian Ulama tidak sependapat karena Mi'raj dan tempat kembalinya ada di Masjidil Aqsho sendiri. Yaitu masjid yang berada di depan kubah emas.

Namun Jumhur ulama sependapat bahwa memang tempat tersebut adalah tempat suci peninggalan beberapa Nabi utusan Allah SWT.

Selain Islam, umat yahudi juga memiliki keyakinan yang sama bahwa di tempat itulah beberapa Nabi hidup. Seperti Nabi Abraham, Raja David, Raja Solomon, dan Nabi Isa.

Bahkan Umat Yahudi ektremis berpendapat di kompleks itulah yang disebut sebagai tempat istana atau kuil yang dibangun Raja Solomon yang dikhususkan untuk umat yahudi.

Menurut mereka saat ini yang tersisa hanya dinding yang dijadikan sebagai tempat sesembahan mereka atau lebih dikenal tembok ratapan.

Untuk itu, baik Yahudi maupun Islam ingin memiliki tempat tersebut seutuhnya.


No comments

Ads