Cara Pendaftaran Online CPNS 2017 Lengkap

Sahabat abdi desa yang budiman. Setelah beberapa tahun kebelakang kita tidak mendengar kabar tentang adanya pembukaan CPNS, di tahun 2017 ini pemerintah mulai membuka kembali lowongan CPNS 2017 secara online serentak di seluruh wilayah Indonesia.

 Pada situs resmi milik BKN (Badan Kepegawaian Negara) mengumumkan bahwa ada 2 intansi yang membuka lowongan CPNS yaitu Mahkamah Agung dan kementerian Hukum dan HAM. 

Kedua intansi tersebut membutuhkan pegawai dengan berbagai latarbelakang kualifikasi. Untuk informasi lebih detil terkait kualifikasi apa saja yang dibutuhkan, bisa langsung kunjungi situs resmi milik BKN dengan tag Lowongan CPNS 2017.

Ada yang berbeda untuk pendaftaran CPNS 2017 kali ini, yaitu pemerintah membuka pendaftaran secara online dan terbuka untuk umum. Sehingga setiap pelamar yang memenuhi kualifikasi bisa langsung mendaftarkan diri baik melalui komputer maupun hp yang memiliki akses internet.

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu persyaratan dan formasi yang dibutuhkan dari setiap kualifikasi yang dibutuhkan.

Hal ini untuk memberi gambaran berapa persentase kelulusan yang akan dicapai pada seleksi baik administrasi, CAT, maupun test wawancara nanti.

Untuk formasi kualifikasi, selain bisa dilihat di halaman situs resmi BKN. Bisa juga kita lihat langsung pada saat pendaftaran online.

Sebab pada saat pendaftaran online, kualifikasi pendidikan yang dimasukkan secara otomatis akan memunculkan formasi yang dibutuhkan.

Nah, bagi yang ingin mendaftarkan diri melalui online. Silahkan cek alur dan cara pendaftarannya dibawah ini.

1. Silahkan kunjungi situs resmi milik BKN di https://sscn.bkn.go.id

2. Silahkan pilih pendaftaran

3. Setelah memilih pendaftaran, silahkan Masukkan NIK, No kartu Keluarga dan berikut kode captcha yang muncul sebagai verifikasi. Lalu klik lanjutkan.


4. Sistem akan secara otomatis membaca pemilik NIK tersebut lengkap dengan nama, TTL dan Alamat sesuai NIK. Namun, Dibagian ini ada beberapa kolom yang belum diisi. Diantara:
  • Nama sesuai Ijazah
  • Tanggal lahir sesuai Ijazah
  • Tempat lahir sesuai Ijazah
  • Email aktif
  • Password
  • Konfirmasi password
  • Pertanyaan pengaman 1
  • Pertanyaan pengaman 2
Silahkan masukkan nama, TTL sesuai Ijazah. Email pastikan dengan email yang masih aktif. Masukkan Password dan konfirmasi password 6-8 karakter. Passwod ini yang nanti digunakan saat login di akun sscn. Masukkkan kode captcha kembali. baru kemudian klik daftar.

Setelah tahap ini selesai maka akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini yang menunjukkan bahwa kita telah berhasil memiliki akun sscn.

Silahkan klik cetak pendaftaran untuk kelengkapan administrasi berikutnya. Baru kemudian klik login pendaftaran.

5. Silahkan masukkan NIK dan password di dalam menu log in.


6. Setelah berhasil log in. Muncul step 1 yang berisi beberepa biodata yang mesti dilengkapi. Silahkan lengkapi biodata sesuai dengan yang diminta.


Jika semuanya sudah berhasil dimasukkan klik simpan.

7. Kemudian klik menu daftar untuk memilih formasi dan intansi yang diinginkan. Jika sudah yakin silahkan klik cek.


8. Silahkan pilih kualifikasi pendidikan. Maka secara otomatis akan muncul formasi yang sesuai dengan kualifikasi tersebut.

Pastikan kembali pada tahapan ini. Karena satu Nik hanya bisa mendaftar 1 formasi saja dan tidak bisa diubah.

9. Jika berhasil, silahkan pilih menu riwayat untuk mencetak format ceklis data kelengkapan persyaratan. Kemudian upload semua persyaratan yang dibutuhkan.



Beberapa syarat seperti format lamaran dan surat pernyataan sudah disediakan oleh Panpel CPNS 2017. Silahkan kembali ke menu utama sscn.bkn.go.id. dengan memilih judul pendaftaran CPNS 2017. Di sana tersedia format yang telah disesuai dengan kualifikasi pendidikan.

Jika mengalami kendala pada kosongnya tampilan riwayat setelah pendaftaran formasi usai. Sebaiknya untuk log out terlebih dahulu. Kemudian tunggu untuk beberapa saat, baru log in kembali. Jika masih terkendala, bisa upgrade browser terbaru.

Hal ini terjadi juga pada beberapa Handphone android tertentu yang memiliki resolusi layar kecil, sehingga tidak memunculkan dokumen pada menu riwayat. Untuk kendala ini, maka silahkan cek terlebih dahulu menu riwayat di Pc/komputer.

Baik, itulah cara dan alur pendaftaran online Lowongan CPNS 2017. Semoga artikel ini dapat membantu. Apabila ada pertanyaan bisa disampaikan dalan kolom komentar. Penulis sebisa mungkin untuk menyempatkan waktu membalas komentar tersebut.

No comments

Ads