Cara Menganalisa RAB Kegiatan untuk Pembuatan Tahapan SPJ / LPD

Kesulitan dalam pembuatan SPJ atau LPD kegiatan biasanya terjadi karena ketidakpahaman alur RAB yang telah dibuat sebelumnya.

Terlebih jika RAB tersebut dibuat oleh konsultan atau pihak luar desa yang tidak langsung bersinggungan dengan kondisi di lapangan.

Sehingga RAB yang dibuat sedikit melenceng dari perkiraan kegiatan yang ada. Namun, apabila kondisi ini terjadi sebaiknya memang dikonsultasikan kembali kepada pihak yang membuat RAB tersebut. Agar dalam pembuatan SPJ / LPD nantinya sesuai dengan RAB dan kondisi di lapangan.

Tetapi, tidak sedikit juga ada yang belum memahami alur RAB yang dibuat dalam microsoft excel oleh konsultan. Meskipun RAB tersebut sudah sesuai dengan kondisi yang ada. Sehingga dalam pembuatan SPJ tidak sinkron dengan RABnya.

Nah, terkait dengan pembuatan SPJ. Maka tentunya sangat penting untuk menganalisa bagaimana alur RAB tersebut dirancang.

Karena sesungguhnya semua angka dalam bentuk format yang telah dibuat menggunakan microsoft excel adalah format otomatis yang satu sama lain saling berhubungan.

Kita tidak bisa merubah angka tersebut secara manual, karena akan mengakibatkan angka pada sheet lain di dalam excel berubah.

Berikut beberapa alur yang digunakan dalam perumusan RAB yang bisa kita analisa untuk menjadi rujukan pembuatan SPJ.

RAB Sheet

Setiap sheet atau lembaran dalam RAB pada excel memiliki fungsi masing-masing yang satu sama lain saling berhubungan.

Diantara sheet tersebut adalah:
  1. Rab kegiatan
  2. Analisa kegiatan
  3. Vap
  4. Map
  5. Survey harga 
Pada kasus ini, saya ambil contoh kegiatan padat karya untuk pengerasan jalan. Maka akan didapatkan data sheet sebagai berikut: Analisa Jalan, Vap, Map, Rab pengerasan, survey harga bahan.

Adapun fungsi dari sheet tersebut secara umumnya adalah:

Analisa jalan yaitu berisi tentang analisa pekerjaan yang dibutuhkan. Misalnya, lebar jalan, panjang jalan, bahkan standar baku SNI dalam menentukan bagaimana pengerasan yang membutuhkan batu dengan jumlah sekian dikerjakan oleh pekerja sekian.

Analisa jalan juga disebut sebagai Take of sheet dimana nanti sheet ini sebagai rujukan dalam menentukan RAB.

Vap yaitu singkatan dari volume antar patok, vap ini dibutuhkan agar dapat mengetahui titik lokasi mana saja yang membutuhkan pekerja banyak atau sedikit. Atau titik lokasi datar, rendah, sampai membutuhkan galian tanah yang cukup besar.

Map yaitu singkatan dari Mandays Antar Patok. Berfungsi untuk mengetahui seberapa banyak jumlah pekerja pada patok tertentu.

Survey harga bahan
yaitu berisi sejumlah harga bahan yang telah disurvey dari beberapa toko.

Rab pengerasan yaitu Rencana Anggaran Biaya pengerasan.

Baik kita langsung saja untuk analisa alur RAB tersebut dibuat.

1. Lihat terlebih dahulu RAB pengerasan, di dalamnya berisi uraian bahan, peralatan dan upah yang dibutuhkan. Termasuk jumlah bahan, harga, dan akumulasi jumlah harga.

Jika ingin melihat hasil jumlah bahan yang dibutuhkan dalam RAB, maka klik saja kolom tersebut. Dan lihat bagaimana formula tersebut didapat. Seperti gambar dibawah ini.


Gambar diatas menunjukkan bahwa jumlah bahan tersebut didapat dari sheet Vap pada kolom CH29 ditambah sheet analisa jalan kolom Q38.

Kita akan bisa melihat rincian detilnya di Vap dan analisa jalan. Silahkan untuk lihat sheet Analisa jalan dan Vap dengan kolom yang ditunjukkan.

2. Pengecekan di Vap.


Pada sheet ini menunjukkan jumlah bahan serta ukuran bahan yang dibutuhkan antar patok. Kolom CH29 adalah jumlah kebutuhan pengadaan batu belah antar patok dari hasil penjumlahan antara ukuran batu 0.15 dikalikan ukuran kebutuhan perpatok dan hasil perhitungan analisa jalan.

3. Analisa Jalan


dianalisa jalan kita akan mengetahui jumlah dan bagaimana kegiatan tersebut berjalan. Serta penggunaan apakah memang cukup dengan mobilisasi atau ada HOK yang dibutuhkan.

Silahkan untuk cek kembali kolom-kolom tersebut apakah masih ada kaitan dengan sheet lain atau tidak.

Jika ada, maka silahkan untuk melihat sheet yang ditujukkan Agar benar-benar kita paham alurnya.

4. Pengecekkan Map

Pada sheet ini kita akan mengetahui kebutuhan HOK antar patok. Kolom - kolom yang ada adalah hasil dari Vap yang telah dianalisa perpatoknya.

Karena perhitungannya dengan patok dan antar patok sehingga sheet ini berkaitan dengan Vap. Untuk melihatnya, silahkan kembali klik kolom tertentu, lihat formulanya pada bagian atas seperti gambar di awal.

5. Survey harga

Sheet ini sebenarnya sebagai rujukan harga dari hasil analisa survey dilapangan yang dijadikan rujukan harga bahan kebutuhan.

Harga satuan yang tertera pada RAB adalah hasil survey analisa lapangan yang kemudian dituangkan pada sheet survey harga.

Itulah Cara Menganalisa RAB Kegiatan untuk Pembuatan Tahapan SPJ / LPD. Semoga artikel ini bermanfaat. Selebihnya jika ada kekurangan serta masukan mohon sampaikan di kolom komentar. kami senang untuk berbagi informasi. Karena dengan berbagi, kita telah menanam kebaikan. Salam abdi desa. 

No comments

Ads