5 Penyebab Blog tidak Menampilkan Iklan alias Blank


Halo sahabat abdi desa, kali ini penulis ingin share kembali terkait pengalaman penulis dalam berselancar di dunia maya.

Meskipun artikel ini tidak berkaitan langsung dengan desa seperti artikel-artikel sebelumnya. Namun penulis berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi yang ingin memulai mencari pundi-pundi uang melalui blog.

Baik, banyak blogger yang meraup hasil maksimal dengan membuat blog. Blog bisa berisi tentang kehidupan pribadi, perusahaan, ataupun pemasaran produk.

Untuk mendapatkan uang melalui blog dibutuhkan ketekunan dan kreatifitas dalam melihat peluang untuk menyajikan artikel yang berguna bagi para pengunjung.

Blog yang menghasilkan uang adalah blog yang dapat menampilkan iklan. Salah satu penayang iklan yang banyak digunakan adalah adsense. Sebab akun adsense terintegrasi dengan blogspot.

Untuk mendapatkan akun adsense cukup membuat akun blogspot kemudian mengajukan di dalam halaman utama menu blog.

Namun, pendaftaran akun adsense sifatnya pengajuan. Bisa diterima atau bisa juga ditolak tergantung dari blog itu sendiri.

Terkait akun adsense serta cara mendapatkannya, telah penulis uraikan di artikel lain secara detail.

Baca juga: Cara Mengajukan Akun Adsense

Pada kesempatan kali ini penulis ingin fokus pada masalah terkait blog yang gagal menampilkan iklan padahal sudah memiliki akun adsense. Berikut penyebabnya:

1. Pengajuan via Flatform lain


Flatform lain yang penulis maksud adalah kepemilikan akun blog dengan menggunakan flatform selain blogspot. Misalnya: wordpress, simplesite, dan penyedia blog lainnya. Tentu saja hal ini tidak akan menampilkan iklan dengan menggunakan adsense.

Kecuali sudah di upgrade ke Top Level Domain (TLD). Yaitu blog yang sudah menyewa domain ke server lokal maupun interlokal.

Kalaupun sudah memiliki akun adsense yang berhasil dikaitkan dengan alamat email yang sama maupun beda, jika blog tidak di upgrade ke TLD, maka blog tetap tidak akan menampilkan iklan alias blank.

Satu satunya cara untuk mengatasi masalah ini dengan mendaftar penayang iklan lain selain adsense.

2. Pengajuan Adsense via Youtube

Antara blogspot dan youtube sebenarnya masih satu produk google (hosted).

Artinya apabila sahabat memiliki alamat gmail, maka alamat gmail tersebut bisa untuk membuka halaman youtube maupun blogspot.

Tetapi, setelah adanya perubahan kebijakan dari tim google. Akun adsense yang diajukan melalui youtube tidak bisa lagi menayangkan iklan di blog.

Lagi-lagi satu satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengupgrade blogspot ke Top Level Domain (TLD). Dengan cara menyewa domain ke penyedia server web.

Jika penulis simpulkan, antara poin 1 dan 2. Keduanya perlu upgrade Domain saja. Dari blog gratisan menjadi blog profesional. Baru kemudian bisa mengajukan penayangan iklan ke tim google.

3.  Adsense Hosted


Banyak blogger yang mengajukan akun adsense melalui youtube. Hal ini terjadi karena proses pengajuannya yang lebih mudah dibandingkan dengan pengajuan melalui blog.

Sayangnya, akun adsense yang didapatkan melalui youtube tidak bisa menampilkan iklan di blog meskipun berhasil dikaitkan. Akibatnya slot iklan di bagian blog hanya menampilkan kotak kosong alias blank.

Mengapa?. Karena akun adsense tersebut bersifat hosted. Sehingga penayangan iklan hanya dapat tayang di akun tempat dimana ia mengajukan.

Inilah yang dimaksud akun adsense belum full approve.

Jadi, jika sahabat memiliki blog yang sudah diupgrade menjadi TLD kemudian ingin menampilkan iklan melalui adsense youtube. Maka silahkan untuk mengajukan kembali akun adsense tersebut agar full approve.

Karena sebenarnya akun adsense tadi yang didapatkan via youtube masih half approve atau hosted atau baru tahap review pertama.

Untuk menuju full approve maka harus melewati tahap review kedua dengan cara mengajukan aplikasi melalui menu akun adsense di bagian 'produk lainnya'.

Nanti diterima dan tidaknya akan ada balasan email masuk dari tim google adsense ke email sahabat.

Selama belum ada jawaban masuk ke email. Maka blog akan menampilkan slot kosong alias blank.

4. Salah Menempatkan Kode Iklan

Diantara penyebab dari masalah blog yang tidak bisa menayangkan iklan adalah kesalahan dalam menempatkan kode iklan yang diberikan saat pengajuan review kedua.

Sebab sampai kapanpun tim google tidak akan merespon pengajuan sahabat, sampai kemudian sahabat sendiri yang memperbaiki kesalahan tersebut.

Perlu diketahui, biasanya pengajuan adsense review kedua memakan waktu paling tidak 3 hari. Yang menyebabkan lamanya proses sampai berhari-hari, justru diakibatkan karena kesalahan menempatkan iklan pada blog.

5. Proses Review

Urutan terakhir dalam beberapa poin diatas adalah kemungkinannya akun adsense yang anda miliki masih dalam proses review. Entah riview pertama maupun kedua.

Review pertama terjadi, apabila kita memiliki akun blog yang masih ada kata blogspot di belakang domain. Pengajuan melalui blogspot tersebut disebut review pertama.

Review kedua adalah pengajuan dari akun adsense hosted untuk blog yang sudah diupgrade ke TLD.

Untuk mengecek apakah masih tahap review atau tidak, silahkan lihat di kotak masuk email yang digunakan. Karena setiap penerimaan maupun penolakan akan tetap mendapat balasan dari tim google yang dikirimkan melalui email sahabat.

Apabila belum ada respon jawaban maka dapat dipastikan masih proses review. Dalam proses review inilah blog tidak akan menampilkan iklan.

Jika dalam 2 minggu masih dalam proses review, maka ini dipastikan ada kesalahan saat pengajuan akun adsense.

Silahkan baca juga artikel kami terkait penyebab lambatnya respon saat mengajukan adsense.

Nah, itu saja artikel kali ini. Semoga mendapat pencerahan dalam menemukan solusi bagi blog yang masih belum menampilkan iklan. Salam abdi desa..

No comments

Ads