Bagaimana Jika NIK KTP Berbeda dengan KIS


Kartu Indonesia sehat atau lebih dikenal KIS adalah salah satu terobosan pemerintah dalam upaya meringankan beban masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

KIS adalah kartu asuransi kesehatan yang dikelola oleh BPJS. Sehingga apabila memiliki KIS, maka ada keringanan pengobatan dari Intansi kesehatan dengan cukup membawa KTP dan KIS itu sendiri.

Program KIS terbagi menjadi 2 bagian,

Pertama, KIS yang dikeluarkan langsung oleh pemerintah bagi masyarakat kurang mampu. Tidak ada beban iuran perbulan untuk KIS kategori ini. Program KIS ini memang ditujukan bagi kurang mampu sehingga masyarakat yang mendapatkan KIS langsung bisa memanfaatkan fungsi dari KIS tersebut.

Kedua, KIS Umum yaitu kartu yang mana kita harus membayar iuran perbulan kepada BPJS. Kategori ini terbagi kedalam beberapa kelas, tergantung dari kemampuan untuk membayar iuran perbulannya.

Masalahnya adalah, Bagaimana Jika NIK KTP dan No KIS berbeda? apakah pihak rumah sakit akan tetap menerimanya?.

Kejadian ini terjadi pada pasien di salah satu rumah sakit yang menolak KIS tersebut dengan alasan ada Perbedaan NIK antara KTP dan No KIS.

Hasilnya, pasien tersebut harus membayar seluruh perawatan persalinannya dengan uang sendiri.

Nah, untuk itu perlu kita cek kembali No tersebut apakah berbeda atau tidak, supaya tidak terulang kembali kejadian serupa seperti pasien tadi.

Jika NIK KTP berbeda dengan No KIS, maka pihak rumah sakit tidak bisa membantu kita. Oleh sebab itu kita harus mengurus perbedaan tersebut secara mandiri ataupun diserahkan langsung kepada Desa.

Kalo memang ingin mengurus sendiri silahkan langsung datang ke kantor BPJS kabupaten setempat dengan membawa KTP, KIS, dan KK.
Sepengalaman saya, dengan membawa 3 persyaratan tersebut. Pihak BPJS sudah bisa membantu kita dalam merubah perbedaan tersebut.

Atau jika tidak ingin merasa ribet, silahkan untuk datang ke kantor desa. Namun, kita memang harus punya sedikit pengertian kepada perangkat Desa karena pihak desa pun tetap mengurusnya ke kantor BPJS kabupaten setempat.

Baik, itu saja informasi perihal perihal pengurusan perbedaan NIK ktp dan No KIS.

2 comments:

  1. Jika di kartu kis tidak tertulis nik nya bagaimana?

    ReplyDelete
  2. Dapatkah pengurusan penyelarasan dpt diwakilkan?

    ReplyDelete

Ads